Buatkan pola baju boneka, pakailah ukuran boneka yang akan dibuat bajunya
Buatlah pola dari kertas
Plotkan pada kain yang akan digunakan untuk membuat baju
Siapkan potongan kain untuk badan depan (atas dan bawah)
Buat kerutan untuk badan depan bagian bawah
Tampak seperti ini
Lalu gabungkan bagian atas dan bawah badan depan
Siapkan renda sebagai pemanis/hiasan badian dada
jahit di atas sambungannya
Siapkan pola kain untuk bagian atas badan belakang (untuk bukaan)
Lipat bukaan tengah belakang
Semat dengan jarum pentul
Jahit lipat tadi untuk kedua tengah belakang
Tumpukkan keduanya lihat gambar
Gabungkan dengan bagian bawah badan belakang yang sudah dibuat kerutan
Hasil setelah digabungkan.
Selanjutnya membuat lengan bajunya klik di sini
Senin, 19 Juli 2010
Membuat Aplikasi 'Taman' untuk Tas
Bentuk aplikasi yang sudah dibuat
Ini bagian tajuk pohon, pinggirannya dilipat ke dalam kurang lebih 1/2 cm lalu dijelujur
Siapkan kain (denim) sebagai latar/kanvasnya berbentuk segiempat
Letakkan aplikasi pertama (kain kotak-kotak) sebagai dasar landscap-nya. posisinya di bagian bawah
Bagian atas landscap dilipat ke dalam sekitar 1/2 cm lalu semat dengan jarum pentul
Siapkan jarum jahit dan benang, jahit lipatan landascap tadi (lihat gambar cara menjahitnya)
Hasil jahitan tangan seperti ini
Letakkan aplikasi batang pohon dan semat dengan jarum lalu jahit tangan seperti aplikasi landscap-nya
Letakkan di atasnya tajuk pohon (lihat gambar) lalu jahit
Hasilnya seperti ini
Juga untuk pohon-pohon lainnya
Siapkan busa angin sebagi pelapis quilting
Lebihkan sedikit pinggiran busa angin (lebih besar dari kain denimnya)
Semat dengan jarum pentul
Mulailah proses quilting dengan mesin jahit atau hand quilting, jahit setiap pinggiran aplikasi kurang lebih 1 - 2 mm dari garis aplikasi
Begitu pula untuk pohon ini
Hasilnya kurang lebih negini
Aplikasi 'taman' sudah jadi, ratakan pinggirannya agar terlihat lebih rapi. Kini aplikasi ini siap digunakan sebagai hiasan untuk produk laimmya. (dalam hal ini tas kain, lihat produknya)
Membuat Aplikasi Mobil untuk Kemeja Anak
Pada artikel yang lalu pernah saya buat kemeja anak (lihat kemeja anak 1), tetapi bagian mukanya masih polos tanpa hiasan. Nah di artikel ini saya mencoba memberi 'warna' pada kemeja berupa aplikasi bergambar mobil.
Bahan yang perlu disediakan adalah : baju kemeja yang belum dihias, kain perca warna warni (sebaikmya gunakan kain katun), vliselin (kain kapas untuk pelapis), benang jahit dan lem.
Bahan-bahan yang diperlukan
Lapisi kain bagian dalamnya dengan vliselin lalu disetrika agar merekat, setelah itu buat gambar dengan pulpen atau pensil
Gunting mengikuti garis gambar
Buat juga caranya seperti di atas untuk bagian gambar lainnya (body, lampu, kaca jendela, ban, dll). Usahakan tiap bagian ini menggunakan warna dan corak kain berbeda agar terlihat jelas menggambarkan sebuah obyeknya.
Susun sementara atau simulasikan tiap bagian aplikasi untuk mengecek kekurangan baik dari segi warna atau ukuran dan juga untuk menentukan bagian mana yang terlebih dahulu ditempelkan pada baju
Dalam hal ini, bagian ban mobil yang pertama di garap (tidak ada gambarnya) lalu bodynya, ambil aplikasi body lalu pada bagian dalamnya (yang ada vliselinnya) diberi lem, gunakan lem fox putih tempelkan pada muka baju
Tempelkan seperti ini
Semua bagian telah tertempel
Kemudian tempelkan bagian lainnya mengikuti simulasi sebelumnya
Setelah semua menempel, saatnya memulai jahitan. Kali ini saya menggunakan jahitan tangan, siapkan jarum jahit lalu masukkan dua helai benang. Mulailah menjahit pada bagian aplikasi paling bawah
Lakukan terus menjahit ini hingga seluruh keliling bagian aplikasi
Cara menjahit bagian lampu lihat gambar di atas
Nanti hasil jahitannya seperti ini
Dan yang ini sudah selesai! jangan lupa disetrika agar rapi
Lihat aplikasi mobil sudah jadi, kemeja anak terlihat lebih clucu!
Ini aplikasi mobil pada kemeja lainnya tetapi jahitannya menggunakan mesin jahit.
Bahan yang perlu disediakan adalah : baju kemeja yang belum dihias, kain perca warna warni (sebaikmya gunakan kain katun), vliselin (kain kapas untuk pelapis), benang jahit dan lem.
Bahan-bahan yang diperlukan
Lapisi kain bagian dalamnya dengan vliselin lalu disetrika agar merekat, setelah itu buat gambar dengan pulpen atau pensil
Gunting mengikuti garis gambar
Buat juga caranya seperti di atas untuk bagian gambar lainnya (body, lampu, kaca jendela, ban, dll). Usahakan tiap bagian ini menggunakan warna dan corak kain berbeda agar terlihat jelas menggambarkan sebuah obyeknya.
Susun sementara atau simulasikan tiap bagian aplikasi untuk mengecek kekurangan baik dari segi warna atau ukuran dan juga untuk menentukan bagian mana yang terlebih dahulu ditempelkan pada baju
Dalam hal ini, bagian ban mobil yang pertama di garap (tidak ada gambarnya) lalu bodynya, ambil aplikasi body lalu pada bagian dalamnya (yang ada vliselinnya) diberi lem, gunakan lem fox putih tempelkan pada muka baju
Tempelkan seperti ini
Semua bagian telah tertempel
Kemudian tempelkan bagian lainnya mengikuti simulasi sebelumnya
Setelah semua menempel, saatnya memulai jahitan. Kali ini saya menggunakan jahitan tangan, siapkan jarum jahit lalu masukkan dua helai benang. Mulailah menjahit pada bagian aplikasi paling bawah
Lakukan terus menjahit ini hingga seluruh keliling bagian aplikasi
Cara menjahit bagian lampu lihat gambar di atas
Nanti hasil jahitannya seperti ini
Dan yang ini sudah selesai! jangan lupa disetrika agar rapi
Lihat aplikasi mobil sudah jadi, kemeja anak terlihat lebih clucu!
Ini aplikasi mobil pada kemeja lainnya tetapi jahitannya menggunakan mesin jahit.
Langganan:
Postingan (Atom)