https://makromatutorial.blogspot.co.id/

http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/blog-page_7320.html

http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/beli-pola.html

http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/blog-page_18.html

http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/blog-page.html


http://makromatutorial.blogspot.co.id/p/belajar-masak.html







Selasa, 29 Desember 2015

Tutorial Membuat Latar/Pigura Hiasan Dinding

Jika bicara membuat hiasan dinding...hmm...entahlah sulit diucapkan dengan kata-kata...banyak ragam bentuknya sesuai dengan banyaknya inspirasi yang ada dalam kepala setiap artisan...begitu...banyak!...mulai dari bahan-bahanm bentuk, warna hingga gayanya, sampai saya sering bingung ingin membuat yang seperti apa....namun bila kita bisa membaca keterbatasan diri hal itu sebenarnya mudah untuk disederhanakan artinya sesuikan dengan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya (kemampuan), hasilnya...layak diapresiasi. Khusus kesukaan saya akan karakter hiasan dinding tesederhana saja, selalu meyesuaikan dengan keterbatasan saya baik itu cipta maupun dananya. Saya ingin membuat sesuatu yang berbeda (tidak T.O.P), elegan tetapi minim biaya....untuk itu pasti perlu...kreativitas!
Di waktu lalu saya membuat hiasan dinding dari bahan kertas dan kain, bentuknya berupa lukisan, namun saya simpan lama karena belum ada figuranya. Baru beberapa hari yang lalu saya sempat membuat figura sebagai latar belakangnya, bahannya dari triplek dan kertas...Dengan rasa suka saya buat tutorialnya...
Ayo tutorial...terangkanlah!.....

Saya punya triplek bekas suatu barang, kebetulan ukurannya sesuai dengan ukuran lukisan













Ini lukisan kainnya....sederhana...gambarnya saya tiru dari "sono"










Ini bahan-bahan yang diperlukan, ada tripleks, lukisan, kertas lauco, lem dan baskom


















Ukuran tripleksnya sengaja saya lebih besarkan dari lukisannya agar nampak seperti penampang pigura....
















Sekali lagi...ini lukisan kain yang saya buat....

















Ambil kertas lauco lalu sobek-sobek kecil....













Masukkan ke dalam baskon yang berisi air, tenggelamkan kertas hingga terendam air













Sementara itu bubuhkan lem di atas permukaan tripleks...aplikasikan setahap dulu













Lalu segera tempelkan kertas lauco yang sudah basah tadi, tekan sedikit sambil diusap...
O..ya saya sengaja membalikkan kertas lauco sehingga muka dalamnya yang berwarna putih itu yang akan diperlihatkan










Lakukan dengan cepat kertas berikut dan seterusnya sebelum lem mengering













Kertasnya menutupi sedikit bagian kertas di bawahnya hingga tidak nampak muka tripleks













Nah...seperti ini hasilnya....














Usahakan ada kelebihan kertas di bagian pinggir tripleks untuk menutupi penampangnya, lanjutkan penempelan kertas ke tahap berikutnya...terus begitu hingga muka tripleks seluruhnya tertutup kecuali bagian yang tertutupi bidang lukisan










Tempelkan/rekatkan lukisan di tengah figura dengan cara mebubuhkan lem ke seluruh permukaan belakang lukisan. Bila ingin digantung pasangkan tali/kawat pada belakang tripleks
















Atau bila tidak digantung bisa diletakkan di atas meja sambil disandarkan ke dinding...
















Lukisan  dari kain perca.....dari bahan apapun...bisa menjelma menjadi barang yang lebih berharga
















 Cantik....bila diletakkan di atas bupet....
 Selamat berkarya.....














1 komentar:

Guntur mengatakan...

Untuk dekorasi ruangan lukisan menjadi salah satu cara dengan bingkai dinding yang menarik akan memberikan focal poin pada ruangan itu