Kamis, 16 Juni 2011

Membuat Gordeng....

Saatnya mengganti gordeng di ruang tamu....habis sudah kelamaan bosan lihatnya....
Sedikit mikir sih...gimana caranya membuat gordeng yang murah tapi tetap enak dilihat dan yang penting 'elegan'. Saya mencoba warna yang agak mencolok dari yang sebelumnya, terpilihlah warna oranye....Dengan berbagai upaya untuk menekan budget yang ada maka saya pilih bahan yang murah, tebal, jatuh dan mudah perawatannya serta awet! entahlah bahan apa yang saya dapatkan ini tetapi cukup memenuhi kriteria di atas.
Ukuran jendela lebar 150 cm dan tinggi 175 cm, jadi saya harus membeli 200 cm dengan lebar bahan 115 cm sebanyak 2 lembar, total jendral panjangnya menjadi 400 cm. Bentuk gordengnya sederhana dan natural dengan tali gantungan yang lebar.....mungkin untuk jelasnya lihat saja tutorialnya....


Siapkan kain 200 cm sebanyak 2 lembar dan siapkan pula kain keras dengan ukuran 115 cm x 5 cm juga sebanyak 2 lembar.
Jahit sisi-sisi kanan-kiri kain dengan cara melipatnya 2 kali lalu dijahit mesin
Letakkan kain keras 1.5 cm dari pinggiran atas lalu tiras kain dilipat ke arah kain keras dan dijahit sepanjang lebar sisi atas kain


Lipat sisi atas selebar kain keras yang sudah tergabung


Semat dengan jarum pentul



Lalu jahit


Kini giliran sisi bawah kain yang belum dijahit


Pertama lipat 2 cm pinggiran bawah (untuk keliman bawah)


Lipat sekali lagi lalu disemat dengan jarum lalu jahit sepanjangnya. Bila sudah selesai sisihkan saja dahulu....karena kita akan membuat tali gantungannya


Untuk tali gantung gordeng, siapkan bahan lain (pilih warna yang harmonis dengan kain utamanya) dan kain kerasnya
Ukuran tali 5 cm x 15 cm


Lipat dua dan semat dengan jarum pentul


Jahit sepanjang tirasnya


Balikkan tali


Masukkan kain keras ke dalamnya, atur sedemikian rupa sehingga sambungan berada ditengah


Jahit di kedua sisinya


Lipat dua lalu obras tirasnya


Beri tanda seperti yang ditunjukkan jari dengan kapur kain kurang lebih 3 cm dari tiras



Tanda ini digunakan sebagai pembatas dimana kain gordeng diletakkan


Semat dengan jarum pentul


Lalu jahit seperti ini
Lakukan langkah-langkah ini sebanyak tujuh kali untuk membuat ketujuh tali gantung untuk satu lembar gordeng, karena saya buat 2 lembar gordeng maka saya mengulangnya hingga 14 kali....bener ngga?...capede....deh...


Sudah jadi langsung saya pasang di jendela itu tu....
Hmmm.....sayang nih fotonya kurang bagus....


Dan perbedaan kadang membuat sesuatu lebih indah, maksudnya kombinasi warna bahan gordeng......yang penting kan asal matching! iya toh?...
Selamat membuat!....

8 komentar:

Dapur Emak mengatakan...

Terima kasih infonya menarik sekali dan bermanfaat

Lalamakan Craft mengatakan...

Terimakasih mba.....yah sedikit berbagi pengalaman mudah-mudahan bisa bermanfaat....

Tyha mengatakan...

Terima kasih kerana x pernah jemu berkongsi ilmu.Nak tahu.....bahan apa yang digunakan untuk clay? Maksud saya bahan asas?

Lalamakan Craft mengatakan...

Mba Tyha terimakaih sudah bertanya. Kalau di postingan tentang clay yang pernah saya buat, clay yang dipergunakan adalah clay komersial yang saya dapatkan di sebuah toko, tetapi kalau dari aromanya seperti dari tepung-tepungan yang pernah saya buat. Saya pernah buat beberapa macam resep dan hasilnya bermacam-macam....Terakhir resep clay yang saya buat mudah dan bagus hasilnya.
Mungkin sedikit membantu, coba mba tyha buat resep ini yaitu tepung 1 cup tepung maizena, 1 sdt baby oil, 1/4 sdt vaselin, 1 sdt gliserin, 1/2 cup lem putih, 1 sdt body lotion. Semua bahan di campur hingga rata dan sedikit diuleni hingga kalis, setelah itu bisa langsung dipakai/digunakan. Bila hendak disimpan clay dibungkus dengan plastik cling hingga tertutup lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara, simpan di tempat yang sejuk.

Tyha mengatakan...

Terima kasih atas informasinya.Nampaknya saya kena banyak belajar bahasa nusantara,supaya bisa fhm dan lebih kenal sama2 kawan serumpun..;)Moga allah merahmati Puan sekeluarga dgn rahmatnya atas perkongsian ilmu ini, amin.

Lalamakan Craft mengatakan...

Sama-sama mba Tyha....
Amin....amin....amin...terimakasih...

elmuktaz ibnsaef mengatakan...

Mba ini kainnya pake kain apa? Kmudian untuk membuat kayu relnya bgmn? Trimakadih

dini mengatakan...

Bagus mba saya mau buat gorden seperti ini juga