Kamis, 14 Maret 2013

Mengganti Sarung Meja Setrikaan

Pasti ibu-ibu atau mba-mba di rumah punya dong yang namanya meja setrikaan, mungkin setengah dari meja itu kondisinya mirip dengan yang saya punya, kucel dan rombeng. Sesekali meja itu saya tutupi dengan busa setiap akan meyetrika, ga masalah sih.....cuma...pemandangannya kurang sreg apalagi bila meja sudah dilipat dan disimpan di sudut dinding, tetap saja terlihat kumuh. Ketika saya membutuhkan meja setrikaan yang kinclong untuk ruang jahit/workshop baru kepikiran untuk memermaknya menjadi baik.....hmmm....ada lagi kerjaan..nih.....
Tapi it's okay! lah......very easy! kok mengerjakannya.....coba ...yuk kita lihat caranya....



Ini meja setrikaan yang kucel itu, tetapi kaki meja sudah saya aplikasikan cat baru tinggal mejanya yang kucel ini akan dipermak...









Tuh lihat sedikit rombeng kan?










Saya hanya perlu bahan dakron seperti ini dan kain pembungkus, belinya di toko busa untuk dakron dan kain.....cobalah kain polos atau bercorak....up to you....














Coba letakkan di atas meja untuk mengira-ngira kebutuhan














Atau sebaiknya papan meja setrikaan di lepas dari kakinya, letakkan dakron di bawah papan meja yang posisinya sudah dibalikkan, ukuran dakron harus lebih besar dari papannya













Setelah dakron digunting berikutnya membentuk kain pembungkus, bentuknya sama dengan dakron hanya saja ukurannya pinggirannya lebih besar 5 cm daripada dakron












Letakkan papan meja di atas kain dan dakron, lihat gambar susunannya
















Siapkan alat stapler berukuran besar (stepler tembak) seperti ini atau stepler biasa ukuran staples nomer 3. Untuk stepler biasa cara penggunaanya batang penekannya dibuka sehingga stepler jadi lurus panjang







Mulailah melipat untuk membungkus papan meja, lipatlah kain membungkus/menutupi pinggiran dakron terlebih dahulu









Baru lipat keduanya membungkus papan dan "jepret" mulailah menjepit dakron dan kain menggunakan stapler besar









Hasilnya seperti ini....kuat










Lakukan penjahitan dengan stepler ini, mulailah dari satu sisi ke sisi yang berhadapan agar kedudukan dakron dan kain tidak bergeser









Setelah sisi yang berhadapan digarap lanjutkan penjahitan berurutan











Hekterlah kain agak rapat untuk memperoleh hasil yang cukup kuat











Membutuhkan kecermatan untuk menggarap sudut meja jadi lakukanlah sebaik mungkin










Lihat hasil jahitan stapler berjarak rapat














Penjahitan hampir selesai














Balikkan meja dan....cihuy!,,,,sudah beres....











Pasang kembali meja pada kakinya


Ciyee......sudah jadi dong.....
O ya kalau busa yang rombengnya sudah ditutup begini akan terlihat lebih rapihkan kan? lebih sedap dilihatnya dan....agar meja ini tidak mudah kucel kerjaan selanjutnya membuat  penutupnya, itu terbuat dari kain bermotif yang dijahit sisinya dan diberi karet elastis (semoga ada postingan berikut). Karena penutup ini bisa diganti dan dicuci bila kotor, jadi membuatnya bisa lebih dari satu....

Okay....selamat berkarya.....!




1 komentar:

Tiara Kastuti mengatakan...

menarik dan kreatif juga. Tapi kalau sekarang udah ngga perlu pusing-pusing karena udah ada beberapa toko e-commerce yang jual sarung setrika. Jadi ngga perlu bingung cari kain, gunting2, dll. Mending langsung beli yang udah jadi aja