Selasa, 10 April 2012

Dibuang Sayang....(menyulap oven bekas)

Kalau saya pergi ke gudang ada banyak barang bekas tersimpan dan terpampang dengan berbagai buruk rupanya. Yang membuat saya kesal hingga saat ini isi gudang itu tidak pernah rapi....padahal sebagian diberikan ke orang yang mau menerimanya sebagian dibuang ke tempat sampah agar benda bekas berkurang tetapi masih ada barang yang sudah seperti rongsokan masih dipelihara digudang, kata ayahnya anak-anak barangkali suatu saat berguna. Teringat kata-kata itu mata saya mencari benda yang kira-kira bisa dimanfaatkan, pas mantap! mataku langsung tertuju ke sebuah oven rombeng ......waduh!...,mau diapakan nih si oven! mikir sana.... mikir sini.....terdiam sejenak.....Aha!!! kenapa tidak digunakan untuk lemari makanan saja yah!.....Sik asyik.....ntar aku punya lemari lucu kayaknya! Langsung saja si oven diambil dan dibawa ke ruang eksekusi jadilah sebuah proyek.....
Singkat cerita dari sebuah benda bekas tidak terpakai menjadi sesuatu yang berfungsi, ayo....lihat nih langkahnya di bawah ini.....come on....


Mungkin di antara kalian punya oven bekas, eith!...jangan dibuang dulu...kali saja mau buat lemari yang akan dibuat ini


Lihat si rombeng ini sudah berkarat...iihh....


Don't worry....tinggal diampelas saja langsung cling!....


Pas dibuka pintunya wuiih.....alamaaak....kesiaaaan dech benar-benar rombeng!
Bagian ini saya buang saja deh......digunting dan dihaluskan sisa-sisa sengnya....
Ganti yang bolong itu dengan seng lain atau tripleks tipis sesuaikan ukurannya dengan oven



Kalau sudah selesai mandikan dulu si rombeng agar debunya ikut pergi lalu dilap yah agar cepat kering


Siapkan cat minyak, saran saya gunakan warna yang gelap sebagai dasar untuk menutupi yang cacat-cacatnya baru ditimpa dengan warna lebih cerah...


Warna pertama (hitam) aplikasikan dua kali, lihat dong...sudah ada bedanya bukan?



Nah agar lebih atraktif aplikasikan juga cat dengan warna kontras/muda di atasnya
Gunakan ujung kuas dengan cara disapukan seperti membuat titik-titik...gitu deh....


Dijamin lebih oke loh... si oven yang tadinya rombeng jadi cakep....dan yang penting bisa dimanfaatkan kembali walau dalam fungsi lain.....iya ngga?
Ayo.... kalau punya oven butut, cari digudang kali saja masih ada...kan bisa bikin lemari kitee....

Tapi teman, tunggu dulu! sebenarnya belum selesai loh memvermaknya.....kalau penasaran.....bisa lihat di tutorial berikutnya....yah....di sini nih....
Salam kereaktif

Tidak ada komentar: