Selasa, 20 September 2011

Mendekorasi Boneka Paspop (Maniquin)

Maniquin atau yang disebut patung paspop atau model untuk mengepas baju adalah sebuah alat peraga yang wajib dipunyai oleh seorang penjahit (menurut versiku) yang terbuat dari bahan fiber atau plastik, bahan ini kemudian dibungkus oleh kain sejenis kaos, bentuknya hanya badan mulai leher hingga panggul biasanya tanpa kepala dan kaki. Guna maniquin yaitu untuk mengepas sebuah baju yang sedang dijahit agar baju lebih pas dibadan.
Adalah saya salah satu yang memilikinya, sudah 12 tahun lebih maniquin saya tidak pernah ganti pakaian, maklumlah sesekali dipajanginnya dan pastinya bahan kaos yang menempel pada badannya sudah agak usang dan berdebu... Agar maniquinku tampak segar lagi maka bajunya harus diganti!...Di artikel kali ini ada cara membuat baju barunya!



Ini maniquin yang sudah di'telanjangi', awalnya berbaju (berkulit) kaos hitam lalu bajunya tersebut saya buka paksa dengan cara disobek!...gimana lagi...kaosnya nempel banget dibadannya...
Oh...ternyata badannya terbuat dari fiber mirip fiber glass itu loh....yang buat atap...
Lem yang menempel sebaiknya dikelupasi dari badannya, agak sulit sih....(tidak mesti bersih sekali karena memang sulit..), kemudian tidak lupa dicuci yah....biar lebih bersih dan wangi!
Tuh yang sudah mandi langsung berjemur dipagi hari....siap diberi baju!


Siapkan bahan dan alatnya, ada kertas kado (saya pakai 6 lembar), lem putih (lem kayu), air dan baskom plastik. Pertama kertas disobek-sobek hingga bentuk yang lebih kecil lalu sisihkan, sementara itu masukkan 1 sdm lem putih ke dalam baskom plastik yang berisi 1/2 liter air lalu diaduk hingga lem larut (tidak mesti larut seluruhnya, cukup airnya menjadi putih), masukkan sobekan kertas tadi ke dalamnya dan rendam hingga kertas cukup basah.


Tidurkan maniquin, tempeli dengan kertas yang sudah direndam air tadi dengan sedikit ditekan agar menempel sempurna


Terus tempeli kertas dibadannya saling menutupi hingga fiber tidak tampak


Sewaktu mengerjakan ini, saya beserta keluarga sedang mondok di sawung jadi anak-anak ikut andil dan membantu proyek ini. Di gambar ini ada teteh Zahra sedang menempelkan kertas sambil berjemur di pagi hari...


Tak mau ketinggalan, adiknya juga ikut berpartisipasi, bermain sambil membantu kerjaan orang tua (maksudnya kerjaan "ibunya" he..he...he...), lihat anak-anakpun senang mengerjakannya!


Setengah kerjaan...


Hingga seluruh badan maniquin terbalut kertas


Sementara itu siapkan lem putih dan lembaran kecil karton atau karet


Tuangkan lem pada karet ini lalu


oleskan lem pada kertas yang sudah menempel di badan maniquin, lakukan kerjaan ini ke seluruh permukaan badan, setelah itu boleh dijemur di bawah sinar matahari atau sekedar diangin-anginkan saja...no problem....


Agar maniquin tampak mengkilap, sebaiknya oleskan vernis setelah lem kering, lakukan hingga 2 atau 3 kali aplikasi.


Nih lihat maniquin baruku sudah jadi!....selain menjadi unik dan cantik, maniquin ini juga mudah dibersihkan dari debu,... caranya? tinggal dilap saja....langsung cling!

4 komentar:

Saldi.sssst mengatakan...

boleh tahu divernisnya pake apa ya mba.. mereknya apa

lalu diaplikasikannya pake kuas atau di semprot

mks banyak

Lalamakan Craft mengatakan...

Saya gunakan vernis mobil yang diencerkan dengan tinner (merk m2000), aplikasinya menggunakan kuas/busa.
Trims pak sudah berkunjung....selamat berkarya...

Ati Sri mengatakan...

trima kasih mbak tutorialnya, ini sangat berguna bagi saya, karena saya juga punya manequin yg mau saya ganti bajunya.

Lalamakan Craft mengatakan...

Ayo dong bu Ati segera gantikan baju maniquinnya.....he...he.... :>))