Jumat, 12 November 2010

Backpack...Bagbag...

Di blog "Cloth Doll" saya bercerita tentang keinginan anakku akan tas buatan ibunya dan di sini cerita tentang tutorialnya. Tas punggung ini lebih sedikit membutuhkan waktu dan kesabaran dibandingkan tas biasa. Tetapi jangan khawatir setelah anda melihat hasilnya tentu membuat anda merasa ingin membuatnya lagi.
Mohom maaf atas tidak lengkapnya foto-foto proses pembuatan tas ini, sewaktu saya sedang mengambil gambar ternyata batere kameraku zero, sedangkan anakku ingin tas ini segera jadi! yah... hanya beberapa yang dapat diperlihatkan. Mudah-mudahan it's okay sajalah.... :)
Baiklah kawan simak dan bayangkan saja nih tutorialnya.....he...he...

Persiapkan terlebih dahulu model tas punggung dan polanya (pola bisa diperoleh di sini), kemudian bahan dan peralatan. Untuk model usahakan bisa mengakomodir semua ukuran benda yang akan dibawa sikecil lalu buat polanya. Sedangkan bahan yang diperlukan adalah kain denin 1 m (ukuran lebar kain 1.5 m), kain perca kartun, berbagai warna dan corak, kain vuring, busa angin yang tipis 0.5 m, kain keras, risleting, kepala risleting, dan benang jahit.
Pertama membuat hiasan untuk kantong depan yaitu dengan hiasan patchwork (gunakan kain perca warna warni), contoh pembuatannya ada di sini
Selanjutnya membuat kantong bagian depan, tas ini mempunyai kantong depan dengan bukaan risleting.
Buat quilting untuk setiap badan tas (sisi, muka, bawah dan belakangnya)
Kantong diletakkan di badan bagian depan tas.



Ini adalah bagian tas bukaan utama dan sisi tas, ketiga bagian ini disambungkan


Badan tas bagian depan yang sudah ada kantongnya dan badan tas bagian belakang (polos)


Ini adalah gambar hiasan patchwork terbuat dari kain perca katun yang dilapisi dengan vliselin terlebih dahulu


Bagian sisi dan bukaan tas yang sudah akan disambung


Bagian sisi dan bukaan utama sudah disambungkan dan akan di sambungkan pula dengan badan tas bagian depan


Sisi dan bukaan sudah terpasang degan badan tas depan


Bentuk tali tas punggung, kain denin, busa angin, segitiga dan kain keras. Tali-tali ini diletakkan di badan tas bagian belakang
Setelah tali-tali ini terpasang, saatnya menggabungkan badan belakang ini dengan badan bagian depan


Selanjutnya bagian dasar tas yang sudah siap ini digabungkan dengan bagian badan, kalau sudah selesai balikkan tas ke arah yang bagus. Terakhir membuat vuring, ukurannya sama dengan kain utama, jahit dan gabungkan bagian-bagiannya lalu gabungkan dengan badan utama dengan cara dijahit tangan (atau istilahnya disebut "disom")


Ini udah jadi, lihat anakku segera ingin memakainya


Senang deh...sudah jadi tasnya!...

1 komentar:

nophrii ravienophii mengatakan...

subhanallah bagus bnget mbag...
jadi pngen coba buat sendiriii, memang agak ribet sih bayanginnya tpii pas udah liat hasilnya kayaknya puas banget mbag.. nice infoo mbag :)