Laman

Membuat Blus Seri Pdf

Membuat Blus Seri Pdf

Selasa, 04 Mei 2010

Tutorial Membuat Bunga Rose dari Kertas Krep

Kali ini saya mencoba membuat bunga dari kertas krep, itu loh kertas yang biasanya sering digunakan untuk menghias pesta ultah anak-anak, bahannya mudah diperoleh dan warnanya variatif dan juga mudah dibentuk. Dan bahan-bahan lainnya adalah lem kertas, pita kertas (biasanya untuk membalut batang), alat bantu untuk membentuk kelopak (di sini saya gunakan pen untuk memijat jerawat tetapi boleh juga menggunakan pen alat merajut benang wol atau apa saja yang bentuknya seperti gambar di bawah), kawat untuk batang, dan kertas karton berwarna hijau untuk kelopak. Ini dia gambar bahan dan cara membuatnya.


Alat dan bahan yang digunakan


Buatlah pola seperti gambar di atas, bentuknya seperti daun hati (kiri) dan daun biasa (sebelah kanan). Kelopak yang berbentuk daun hati digunakan untuk bagian luar dan kelopak daun biasa untuk bagian dalam bunga.


Guntinglah masing-masing bentuk sekaligus berlapis agar bentuk lebih seragam


Tarik dengan kedua tangan dengan hati-hati dan pelan-pelan agar tidak sobek bagian tengahnya.


Masing-masing ujung atas kelopak dibentuk keriting dengan menggunakan alat pen.


Hasilnya seperti ini


Beri lem kertas pada ujung bagian bawah kelopak


Siapkan kawat batang (saya gunakan kawat bulu), tempelkan kelopak yang sudah diberi lem tadi, tekan-tekan sedikit saja kelopak agar melekat ke batang dengan erat


Lakukan pada semua kelopak dalam terlebih dahulu hingga habis lalu lanjutkan kelopak luar, atur sedemikian rupa sehingga bentuk menyerupai mawar aslinya


Bungkus pangkal batang hingga bawah dengan pita kertas krep


Buat mahkota bunga dari kertas berwarna hijau daun, pertama buat kertas bundar seperti di atas lalu lipat hingga tiga bagian


Gunting seperti bentuk diatas dan buat lubang ditengahnya


Beri lem pada bagian mahkota bunga yang menempel pada kelopak dan letakkan tepat di bawah kelopak


Trilala...trilili... sudah jadi... mirip dengan bunga mawar asli kan?...


Apalagi dibuat banyak dan diletakkan di vas bunga dan jadi pajangan yang cantik...
Penasaran dengan bunga lain? klik saja bunga untuk interior modern dan bunga tulip

26 komentar:

Daniezha Yank mengatakan...

mawarnya lucu...
mau bikin juga ah
makasih tutorialnya

Lalamakan Craft mengatakan...

Trims sudah mengunjungi blogku, coba buka juga post tentang bunga tulip dan bunga rose untuk interior...biar tambah ilmunya...he...he..selamat mencoba....

aryo mandhela mengatakan...

aku suka gaya bunganya. tapi boleh kan saya memperaktekannya soalnya saya kepengen jadi guru kesenian dan keterampilan tp saya masih kelas 3 smp ^_^ aku suka bunga

Lalamakan Craft mengatakan...

Aryo sayang...tentu boleh dong dan memang seharusnya dipraktekkan agar bisa...
gampang kok buatnya, Aryo juga bisa lihat tutor membuat bunga tulip dan yang lainnya di blog ini, mudah2an cita-cita aryo tercapai ingin jadi guru ketrampilan dan seni tentunya harus banyak latihan dan berkreasi, selamat menimba ilmu dan mencoba! sukses ya...

Aris mengatakan...

wah,..ini dia yang saya cari,.hmm bisa jadi peluang usaha nih,. :)makasih ya artikelnya

Nana Ashalina mengatakan...

Makasih tutorialnya... Bunga mawarnya keren! Mau saya praktekan ah...

Tyha mengatakan...

Saya suka melawat blog puan...teringin nak buat baju kemeja anak berdasarkan tunjuk ajar yang puan bagi...cuma x berkesempatan...inshaallah akan cuba juga.Sangat menarik idea2 puan.

Lalamakan Craft mengatakan...

Salam...mba Tyha, saya senang sekali bila mba mencoba membuatnya, keterampilan memang harus selalu diasah ntar juga pasti menjadi terampil. Apabila mba merasa kesulitan tentang menjahit bolehlah bertanya pada Lalamakan Craft, Insya Allah sebisa mungkin dijawab....
Terimakasih....

Blog ini mengatakan...

WAhhh bagus sekali bunga mawarnyaaa... :)
Makasih tutornya...

Deni mengatakan...

anaku dpt tugas dr sekolah u/ bikin bunga dari kertas krep.... Alhamdulilah aku nemuin blognya mbak.... jd dpt ide deh bikin bunga yg bagus bgt dan mirip bgt sama aslinya

Lalamakan Craft mengatakan...

Syukurlah pak Deni...terimaksih...

Dita Qur'ani mengatakan...

terimakasih atas artikelnya.............
jadi bisa buat hiasan rumah yang ramah lingkungan dan tentunya hemaaatttttt..............he...he...he

jessica ling mengatakan...

cantik bgt mawar nya!!! thanks ya aq jd terinspirasi dech skl lg thanks ya!!!

Ati Sri mengatakan...

Salam kenal....
trima kasih artikelnya, bagus sekali rosenya,,,, saya akan mencoba membuatnya !...

vera notice mengatakan...

thx u,, mau nyoba bikin yah...

Yamada Mamoru mengatakan...

itu digunting nya kelopaknya kurang lbh brp buah??

Lalamakan Craft mengatakan...

Jumlah kelopak tidak tertentu semakin banyak semakin besar ukuran bunganya, ibu bisa mengira-ngira seperti apa bunga mawar yang ibu inginkan. Guntinglah kertas krep yang sudah dilipat berlapis-lapis sekaligus sehingga dalam satu langkah dapat membuat banyak kelopak. Nah! kini tinggal dirangkai...
Selamat mencoba....

OBAT TRADISIONAL JANTUNG mengatakan...

bunda kereeeen...aku pengen deh bikin seperti ini, trus jadi jadi home industri...bisa ga ya?bunda udah sukses ya...

Lalamakan Craft mengatakan...

Trims mba....
Apapun bisa dijadikan home industri termasuk bunga krep ini...
Alhamdulillah...Lalamakan Craft "sukses" untuk bisa "just sharing" kecil-kecilan hanya secuil ilmu saja dari sejagat ilmu.....semoga bisa bermanfaat bagi siapapun yang berkunjung ke blog ini.....
Salam kenal.....

yuniar mengatakan...

Assalamualaikum

Salam kenal mbak. Saya ijin nyontek membuat bunga ini untuk aksesoris pawai anak saya. Maaf minta ijinnya telat ^_^ (pawainya udah kelar, he..he..)
Terimakasih.

nadiya nurfiqhi mengatakan...

Makasih yah mbak udah postin artikel ini, saya ada acara penyambutan Bupati tapi pengen ngirit bunganya, jadi terinpirasi deh buat ngebikinnya,
Sekali lagi makasih banget n.n

Oma Msy mengatakan...

Silahkan mba Nadiya membuatnya sebanyak mungkin, dengan senang hati, turut senang.....

Oma Msy mengatakan...

Untuk mba Yuniar salam kenal kembali, syukurlah kalau tutor ini banyak bermanfaat bagi mba dan yang lainnya, trims

Nur Al-Mukmin mengatakan...

sykr dh blog ne cz dsrh bkin. o y mw tny nyr kwat bulu'y dmn y?

SitSiti Aja mengatakan...

kyk.o mdah sedikit ssah ya!! haha
liat cranya ya? bqt tgas skolah

Yesti mengatakan...

Waah, mkasih y mbak tutorial nya, bunganya cantik. sya suka mawar.. :)