Laman

Membuat Blus Seri Pdf

Kamis, 21 Januari 2010

Tutorial Membuat Kalung Imitasi

Tutorial ini lanjutan dari cara membuat gelang imitasi, akan terlihat lebih cantik lagi kalau si puteri kita memakai gelang sekaligus juga dengan kalungnya. Sama seperti gelang, bahan dan alatnya mudah diperoleh dan juga mudah membuatnya.
Ini dia tutorialnya, silahkan baca....


Bahan dan alat yang digunakan : manik-manik oval dari kayu berwarna-warni seperti bahan untuk gelang, liontin kayu berbentuk bunga pipih (berwarna-warni), benang kenur yang paling tipis (saya lupa ukurannya), sedang alat yang digunakan hanya gunting saja.


Pertama ambil benang kenur dan potong kira-kira 80 cm (lingkaran kalung bisa masuk kepala)


Salah satu ujung benang dimasukkan ke dalam lubang liontin bunga


Masukkan benang kenur ke lubang liontin bunga pertama dari arah depan, terus masukkan lagi ke lubang bunga kedua dari arah belakang, dari arah depan untuk lubang bunga ketiga dan dari arah belakang untuk bunga keempat (arah zig-zag)


Kemudian benang kenur yang keluar dari lubang bunga terakhir dimasukkan kembali ke lubang bunga ketiga (warna pink) tetapi berlawanan arah (lihat gambar)


Hasilnya seperti rantai


Ujung-ujung benang kenur ditarik agar keempat liontin bunga tersebut merapat dan kaku


Sekarang ujung benang kenur yang menghadap ke depan dimasukkan ke lubang bunga kedua dari arah depan, begitu seterunya sampai bunga terakhir


Hingga didapat rangakain seperti ini, ada dua ikatan rantai yang menyatu (saling mengikat dan kedua ujung benang kenur berada di belakang bunga)


Sekarang masukkan manik-manik oval satu per satu mulai dari satu sisi


Manik-manik di kedua sisi sudah terangkai (letak warna manik sembarang saja/tidak beraturan, lebih atraktif dibanding dengan beraturan)


Selalu dipegang kedua ujung benang kenur, bisa saja manik-manik lepas dari benang, bisa-bisa kerjaan kita nambah lagi...


Ujung benang dibuat tali simpul pertama


Kemudian tali simpul mati agar tak bergeser, tapi ingat jangan sampai rangkaian kalung terasa kaku, berilah sedikit kelongganan pada benangnya kira-kira 0.5 cm saja sebelum dibuat tali simpul pertama


Salah satu sisa ujung benang dimasukkan kembali ke dalam lubang manik pertama sampai kelima dari tali simpul


Tarik keluar sisa ujung benangnya dari manik kelima


Dan ujung benang lainnya juga dimasukkan ke dalam lubang manik yang sama seperti pengerjaan ujung yang pertama. (tali simpul pertama ditunjukkan dengan jarum dan kedua ujung benang ditarik oleh tangan)


Guntinglah sisa ujung benang kenur hingga sisa 0.5 cm setelah dibuat tali simpul mati


Setelah dipotong lalu ujung-ujung benang dibakar dengan api (gunakan api lilin) hingga benang yang meleleh menempel pada manik (ditekan oleh jari)


Tralala...trilili.... asyik... kalung dan gelang "si putri" sudah jadi, asesoris perhiasan by mama handmade!
Silahkan anda pun bisa membuatnya khusus untuk diri sendiri tinggal pilih bahan untuk katagori lebih elegan yang pantas untuk usia anda.
Selamat mencoba...




Nih lihat sekarang Zahra pun sudah pakai gelang dan kalungnya...hmm... cantiknya...


4 komentar:

Tyha mengatakan...

Cantiknya...memang berseni.Saya x ada anak perempuan.Jadinya kebanyakan barang perhiasan yang saya buat...diberikan sebagai hadiah pada kawan2....:)

Toko Online Bisnis mengatakan...

cocok nih buat anak kecil.. salam kenal ya..

Lalamakan Craft mengatakan...

Salam kenal juga buat Toko Online Bisnis, trims sudah berkunjung ke sini, semoga bermanfaat....

sasa mengatakan...

kreatif bundaa ^^