Kamis, 26 Desember 2013

Memyulap Besek Bambu Menjadi Wadah yang Cantik (scrapbook)

Ada banyak besek bambu di rumah saudara, kelihatannya aka dibuang....oh...sayang pikir saya, sepertinya kalau sudah ada di tanganku Insya Allah bakalan jadi barang berguna, tapi dijadiin apa yah?....Ini kan wadah makanan... kalau begitu dijadiin sesuatu yang ga jauh dengan fungsinya cuma barang yang mengisinya harus beda....saya coba menjadikannya tempat pernak-pernik bahan craft sajalah......Yuk kita lihat caranya....





Ini sebagian besek-besek itu....Saya bersihkan dari debu lalu cuci dengan sabun dan keringkan dengan cara dijemur










Biasanya ada terdapat benang-benang bambu dipermukaan besek dan ini perlu dibersihkan, saya menggunakan kertas ampelas untuk menghilangkannya, ga perlu bersih banget sih....selain sulit juga memerlukan tenaga lebih lama (maklum sedikit ga sabaran nih) ada tahapan berikutnya yang bisa mengatasi ini yaitu tahapan mengecat




Setelah bersih dari kotoran saya aplikasikan cat putih sebagai cat dasar. Jenis catnya boleh akrilik boleh juga cat tembok atau boleh cat sablon atau cat kayu atau bahkan lianci (pewarna tekstil). Sengaja saya gunakan kuas dari busa pencuci piring karena menurut pengalaman ternyata memakai ini mengaplikasikan cat jadi mudah dan cepat merata dan juga jadi hemat catnya...




Setelah cat dasar kering aplikasikan cat warna lain yang akan dipakai, aplikasikan 2-3 kali sampai mencapai hasil maksimal, setiap akan mengaplikasikan cat berikutnya harus menunggu cat aplikasi sebelumnya kering terlebih dahulu....







Ini hasil besek yang sudah dicat....full color...













Apilaksikan warna sesukamu.....









Kalau punya gambar...coba gunting untuk ditempelkan, saya kopas dari internet dan cetak....











Bubuhkan lem kertas (lem fox) dipermukaan besek, jangan khawatir dengan pori-porinya, nanti juga tertutupi oleh lem









Segera tempelkan gambar di atasnya, usapkan lem di atas gambar dan sekitarnya biarkan kering...









Buatlah seramai yang kalian suka....tuangkan idemu....












Dibagian pinggirnya juga ga masalah....lebih cakep....











Beri gambar besek-besek lainnya, saya suka dengan berbagai jenis gambar









Setelah kering aplikasikan "coating" (cat pernis)











Saya suka dengan yang warna merah ini "Endless"....










Oww...oh ternyata isinya kancing!.....











Tutup dan tempatnya....."EndLess"....











Bila ditutup seperti ini....."Endless" lagi....











Saya meletakkan mereka di lemari craft, berjejer...."Sunny day"....










Pandangan dari sisi lain...."wonderful"!....












Anggaplah cocok mereka disini....siiplah....














Sepadan dengan lemari laci ini....dan saya suka banget!...












Lihatlah....dari barang yang hampir dibuang....ditangan yang kere jadilah aktif berdaya guna......alias kereaktif (keren-reaksi dan aktif berguna) bro....he...he...he...






Selamat berkarya....




2 komentar:

Alfiana Rosyidah mengatakan...

mbak, itu dari kertas apa? sepertinya kertas nya tebel

Oma Msy mengatakan...

Salam..mba Alfiana....itu hanya kertas hvs, terlihat tebal karena pinggirannya diarsir warna gelap. Bila ingin kertas tebal print gambar di atas kertas manila/kertas buku gambar A4 merk bagus...semoga bermanfaat...
Trims mba sudah berkunjung...