Senin, 19 Agustus 2013

Membuat Lampu Lantai

Satu hari saya pernah meminta pada suamiku untuk dibuatkan lampu belajar yang bisa berdiri di lantai atau yang disebut lampu baca. Entah setelah berapa lama permintaan itu didengar hingga suatu hari husband menunjukkan apa yang sedang dibuatnya dan........tralala......lihat gambar-gambar di bawah ini!



Wow! saya terkejut! kenapa lampu belajar yang usianya sudah 15 tahun itu yang dipakai untuk membuat lampu lantai? Bayangkan lampunya sudah usang!......iih...nyebelin... deh!
Husband tersenyum puas ketika saya mulai cemberut....
"Sssstt.....sudahlah ga usah rewel" kata husband lihat saja nanti...











Dudukan lampu tersebut dilepas hingga tinggal pipa fleksibelnya yang masih ada, lalu agar kedudukan lampu menjadi tinggi fleksibelnya disambung dengan pipa paralon. Di ujung atas paralon pasangkan dop yang atasnya telah dilubangi untuk memasukkan baut bawaan dari pipa besi lampu yang ada di dalam fleksibel dan dengan meggunakan lem paralon kedudukan sambungan diperkuat













Tapi.....sayang banget pas lihat bagian bawahnya wauooow.....lagi-lagi kenapa memakai pot plastik yang benar-benar sudah usang...hadeuh...husband....husband....padahal di rumah banyak pot yang masih enak dipandang......kalau mau yang baru gitu...
namun....yah...mau gimana lagi potnya sudah terpasang paten dengan paralon alias ga bisa dicopot karena sudah dicor dengan semen, sekali lagi saya harus menerimanya.....nasib....
Coran semen ini dimaksudkan untuk menambah berat beban bagian bawah lampu agar tidak goyah saat terkena goncangan. O..ya...ternyata lampu ini senang bergoyang-goyang saat terkena sentuhan atau benturan tapi tetap berdiri mantap kecuali dari tiang ke atas....fleksibellah....


Jangan lupa untuk memasang "on-off" atau saklar, installah ini sebelum dicor semen. Di bawah saklar pasang paralon setinggi pot untuk menempatkan gulungan kabel....








Dan buat lubang untuk tempat keluarnya kabel yang akan dipasangkan steker/colokan diujungnya.
Kayaknya mudah sih.....apalagi buat para pria.....iya kan?









Nah! secara wujud utuhnya penampakan lampunya seperti ini, aku masih belum bisa senyum.....habis kelihatannya kumuh sih.....tapi tetap dong saya harus menghargai husband atas karyanya ini, terus terang saya sendiri merasa salut.....
Dan seperti biasanya...lagi-lagi husband bilang "kini giliran ibu untuk membuat lampu ini seperti baru"......yeah....always like this!














Paling gampang menurut saya aplikasikan saja cat warna hitam! dijamin mudah dan cepat. Baru sekali aplikasi cat dipoleskan wuiiih....ternyata sudah terlihat ngenjreng tuh....tunggu hingga kering untuk apikasi cat yang kedua kalinya.
Lihat potnya berubah menjadi seperti baru, goresan-goresan pada pot pun dapat teratasi...iiiihh....yang penting kelihatan seperti yang baru iya dong?









Lampunya juga saya aplikasikan cat, ciyee......cakep juga sudah ngga malu-maluin lagi....bro....beneran deh!














Dan.....ini wujud nyatanya setelah saya "make up"!
Suwer deh saya merasa cukup puas....karena sudah memiliki lampu yang diinginkan selama ini yang saya tidak mengeluarkan uang secara sengaja untuk membuatnya, cukup dari barang-barang bekas yang ada di rumah.....husband ....trims yah.....
Lampu ini sering digunakan saat saya menjahit atau membuat keterampilan lainnya.....


Selamat berkarya.....







4 komentar:

nourash mengatakan...

wah boleh juga idenya ,,,,tapi kayanya rumit ya pasang-pasang kabelnya bisa di unjukin mba ,kebetulan memang lagi butuh lamou kaya gitu

uli mayang Sari mengatakan...

Wew keren nah.. papa q juga kreatif tapi mama mesrti cerewet katanya 'papa suka ngoleksi sampah' dan ternyata hobi ngunguti sampah nurun ke saya haha...

Si ganti kap nya juga keren, di lukis boleh juga.

Oma Msy mengatakan...

Yoi....semua ide bisa terserap di pembuatan lampu ini, ga mesti sama dengan saya buat tergantung kapasitas bahan dan pemikiran, bisa jadi karya yang anda buat bahkan jauh lebih baik dan bagus dari ini, pokoknya curahkan daya kreatifmu sebisa mungkin karena intinya adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan barang-barang sekitar kita hingga menjadi barang berdaya guna dan berharga.......

Ratna mengatakan...

Bagus banget mbak lampunya. Simple dan menginspirasi. Makasih tutorialnya. ^_^