Laman

Membuat Blus Seri Pdf

Membuat Blus Seri Pdf

Senin, 18 Januari 2010

Tutorial Membuat Bantal Mobil


Bantal kursi mobil terkadang diperlukan, saya mencoba buat untuk memenuhi interior mobil. Cara membuatnya sangat mudah, siapapun yang bisa menjahit pasti bisa karena pekerjaan ini perlu proses jahit menjahit. Begini caranya :

Pertama siapkan bahannya : kain jok bercorak boleh polos, kain vuring (saya pakai abutai, boleh asahi atau hero), dakron kiloan (bahan pengisi). Buat pola ukuran dimensi 40 x 21 cm (untuk kain jok dan vuringnya).
Gunting bahan sesuai pola tetapi ditambahkan tiras 1 cm untuk jahitan (potong 2 lembar kain jok dan 2 lembar kain vuring)


Letakkan kain jok dengan permukaan yang bagus menghadap ke bawah, lalu letakkan kain vuring di atasnya.


Atur sedemikian rupa sehingga kedua kain tersebuat tertumpuk rapi.


Setelah rapi, semat dengan jarum pentul pada baian-bagian sudutnya agar kedudukan stabil.


Letakkan kedua tangkup bahan tadi dengan saling berhadapan pada permukaan bagus kain joknya, lalu di semat lagi dengan jarum pentul keempat lembar kain itu.


Jahit dengan mesin jahit 1 cm dari pinggiran kain.


Buat lubang untuk membalikkan kain kira-kira 6 cm, letakknya dekat salah satu sudut.


Gunting tiras ujung-ujung sudutnya (lihat gambar) untuk mendapatkan sudut yang lancip ketika dibalikkan.


Balikkan sarung yang sudah dijahit tadi ke arah yang bagus, usahakan sudut-sudutnya tidak terlipat bantu dengan alat ujung obeng tapi harus pelan-pelan menusuk bagian dalam sudutnya supaya bukan benang tiras yang keluar dari sudut, tetapi menghasilkan sudut yang agak runcing dan rapi. Setelah rapi buka lubangnya, masukkan dakron sedikit demi sedikit bantu dengan obeng yang besar atau batang bambu. Pertama masukkan dan sematkan sedikit dakron pada sudut sarung baru isi bagian tengahnya, atur sedemikiran rupa hingga didapatkan bantal yang sedang empuknya.


Lipat tiras lubang ke dalam, lalu jepit dengan jarum pentul.


Jahit dengan jelujur tangan, gunakan benang 2 lembar dan jarum tangan.


Mulailah dari ujung awal, lihat gambar cara menjelujurnya, biarkan dalam keadaan longgar dahulu, selesaikan sampai ujung lubang, baru benang ditarik sampai lubang rapat tetapi tidak mengerut. Tali matikan benangnya ("diatret" istilah jahitnya) pas di ujung lubang, lalu jahit jelujur balik agar lebih kuat dan seperti ujung yang lainnya ditalimatikan juga pada ujung awal ini. Selesai, gunting kelebihan benang jahitnya.


Demikian hasilnya, tampak seperti hasil jahitan mesin bila jelujurannya pake stik jahit rapat.


Bantal mobil sudah jadi.


Saya juga membuat bantal leher kursi mbil, caranya sama saja dengan bantal kursinya, hanya polanya yang berbeda (saya pake ukuran 17 x 23 cm, pada bagian tas dan bawahnya buat lengkungan dengan kedalaman 1.5 cm)


Pada bagian belakangnya ada tali untuk diletakkan dileher kursi mobil, terbuat dari karet elastis lebar 2 cm. Untuk bantal yang saya buat ini memerlukan 34 cm karet elastis. Lihat cara menjahitnya, pertama ujung ujung karet disatukan dengan cara dijahit mesin, lalu gabungkan dengan salah satu sisi bantal (bagian belakang) kira-kira 5 cm jarak antar jahitan. Sebaiknya untuk memudahkan pengerjaan selanjutnya, menjahit karet elastis dilakukan sebelum menjahit kedua tangkup kain jok dan vuringnya.


Nah ini setelah dipasang di jok kursi mobil, cantik kan?, walau buatan sendiri tak kalah dengan buatan pabrik apalagi bila anda bisa berkreasi lebih variatif, pasti lebih lucu ...

Tidak ada komentar: