Laman

Membuat Blus Seri Pdf

Rabu, 13 Januari 2010

Tutorial Membuat Aplikasi Bunga pada Baju Gamis

Agar baju gamis polos terlihat lebih menarik, saya coba membuat hiasan sederhana tapi elegan dan membuat gamis terlihat lebih indah. Kain untuk aplikasi, saya gunakan kain kombinasi batik yang dipakai untuk list keliman bawah baju dan kain polos (warna lebih muda dari kain gamisnya) juga masih dipadukan dengan kain utama baju (warna coklat).


Buatlah pola terlebih dahulu dari kertas tebal atau karton bekas kemasan susu misalnya. Kreasikan imajinasi anda dalam bentuk bunga yang anda inginkan ke dalam sebuah pola yang bergradasi ukuran. Buat pola 3 bentuk ukuran untuk satu aplikasi bunga.
Kalau anda lihay menggambar, bisa membuat pola langsung di bahannya dan mengguntingnya. Gunakan pinsil 2B, gambar bunga seperti di atas atau sesuai dengan kreasi anda. Pola yang paling besar diletakkan paling bawah (bahan batik), pola sedang di tengah (kopi susu), dan pola kecil diletakkan paling atas (coklat), tumpukkan seperti gambar di atas.


Setelah potongan bunga jadi, rekatkan dengan kain viselin (kain kertas) dengan cara disetrika.
(tujuannya agar bunga menjadi kaku dan sisi-sisi kain tidak berumbai benang kain).


Atur-aturlah sedemikian rupa sesuai keinginan anda, bisa miring seperti gambar di atas, mendatar atau vertikal atau anda punya kreasi sendiri, bebas-bebas saja, why not?


Beri tanda letak yang diingini dengan kapur bahan.


Setelah menurut anda cocok letaknya, sematkan jarum pada tumpukan bunga tersebut agar tidak berceceran.



Cara menjahit setumpuk bunga:
Pertama jahitlah bunga batik terlebih dahulu kira-kira 1/2 cm dari sisi bahan, jahit sekeliling bunga (jahit dengan mesin jahit). Kemudian letakkan bunga bahan polos (kopi susu) di atas bunga batik, lalu di atasnya lagi bunga kain polos coklat, baru dijahit bolak balik seperti gambar di bawah ini


Jahit seperti tanda garis putih (lihat gambar). Selesai dijahit, pres dengan setrikaan (semprotkan air pada aplikasi bunga lalu ditekan dengan setrika panas, hati-hati jangan terlalu lama takut gosong dan sebaiknya di atas aplikasi dilapisi sehelai kain untuk menghindari kegosongan langsung).
Selamat mencoba!

1 komentar:

Ayu Setia Rini mengatakan...

artikelnya sangat bermanfaat sekali, saya sangat setuju. saya akan sering-sering mengunjungi blog ini lagi. ditunggu

kunjungan baliknya di website kami baju muslim di http://pernikmuslim.com , terimakasih.